FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIKSISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Kurnia Sandhy Al ansyor

Abstract


ABSTRAK Materi aktivitas ritmik dalam pembelajaran PJOK kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.Siswa enggan mengikuti maupun mencoba gerakan aktivitas ritmik sehingga ada beberapa siswa yang belum memenuhi nilai standar ketuntasan.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor penghambat pembelajaran aktivitas ritmik kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 120 siswa.Penelitian dilakukan pada seluruh populasi.Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kontribusi kontribusi faktor internal sebesar 53%, sedangkan kontribusi faktor eksternal sebesar 47%. berdasarkan kedua faktor tersebut dapat dirinci kontribusi dari masing-masing indikator sebagai berikut: (1) indikator jasmani siswa sebesar 20,4 %; (2) indikator psikologi siswa sebesar 32,6%; (3) indikator guru sebesar 24,5%; (4) indikator sarana dan prasarana sebesar 13,8%; (5) indikator lingkungan sekolah sebesar 8,7%. Kata kunci: Faktor, penghambat, aktivitas ritmik. ABSTRACT The material of rhythmic activities in learning PJOK class VIII SMP Negeri 5 Sleman not in accordance with the purpose of learning. tudents are reluctant to follow or try the movement of rhythmic activities so that there are some students who have not met the standard value of mastery. This study aims to determine how much inhibiting factors of learning rhythm activity class VIII SMP Negeri 5 Sleman academic year 2016/2017. This research is descriptive research with survey method. The population in this study is all students of class VIII SMP Negeri 5 Sleman academic year 2016/2017 which amounted to 120 students. The study was conducted on the entire population. Techniques of data analysis research using descriptive analysis with percentage. The result of this research can be concluded that contribution of internal factor contribution equal to 53%, While external factors contributed 47%. Based on these two factor can be specified contribution of each indicator as follows: (1) physical indicator of student equal to 20,4%; (2) student psychological indicator of 32,6%; (3) teacher indicator of 24.5%; (4) facilities and infrastructure indicator of 13.8%; (5) school environmental indicator of 8.7%. Key words: Factors, inhibitors, rhythmic activity.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.