PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PJOK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI PERKEMBANGAN TUBUH REMAJA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN

Riosha Yunita Devi

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak dikembangkannya lembar kerja peserta didik. Padahal lembar kerja peserta didik merupakan sumber belajar dan juga acuan guru dalam mengajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui cara mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis multiple intellgences. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) milik Borg & Gall, teknik pengambilan datanya dengan menggunakan angket. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Banguntapan. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menyatakan produk yang dikembangkan layak dengan skor validasi ahli I, aspek kelayakan isi “Sangat Baik” (92%), aspek kesesuaian MI “Sangat Baik” (95%), aspek didaktis “Baik” (80%), aspek konstruksi “Sangat Baik” (100%) dan aspek teknis “Sangat Baik” (100%). Penilaian ahli II, aspek kelayakan isi “Sangat Baik” (91%), aspek kesesuaian MI “Sangat Baik” (91%), aspek didaktis “Sangat Baik” (87%), aspek konstruksi “Sangat Baik” (88%), dan aspek teknis “Sangat Baik” (82%). Kata kunci : pengembangan, peserta didik, multiple intelligences Abstract The background of this research is the undeveloped student work sheet, even though the student worksheet is a source of learning and used as a teacher’s reference in teaching. The purpose of this researchis to know the way how to develop student work sheet based on multiple intelligences. This research is a Research and Development (R & D) by Borg & Gall that is modified only until the validity of the product. Thedata collection technique used questionnaire.The subjects of the research were students of grade VII of SMP Negeri 1 Banguntapan. The data analysis used descriptive statistical analysis with percentage. The result of the research stated that the developed product is proper with the expert validation score I,excellent eligibility aspect (92%), excellentsuitability of MI aspect (95%), good didactic aspects (80%),excellent construction aspect(100%) andexcellent technical aspects(100%).Whereas, the expert validation II,excellenteligibility aspect(91%),excellentsuitability of MI aspect (91%),excellentdidactic aspects (87%),excellent contructions aspect (88%), andexcellent technical aspects (82%). Keyword: development, students, multiple intelligences

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.