FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PELAKSANAAN KEGIATANEKSTRAKURIKULER FUTSAL DISMP NEGERI 3 GODEANTAHUN 2016/2017

krisna wibisono

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 3 Godean yang sudah berjalan tetapi belum lancar, peserta tidak rutin mengikuti kegiatan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya faktor penghambat dalam pelaksanankegiatan ekstrakurikuler olahragafutsal SMP Negeri 3 Godeantahun 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survei dan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 20 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hambatan dalam pelaksanaan ekstrakurikuler olahraga di SMP Negeri 3 Godean pada faktor fisiologis berada pada kategori menghambat dengan persentase 35%, pada faktor psikologis berada pada kategori cukup menghambat dengan persentase 40%, pada faktor lingkungan sosial berada pada kategori cukup menghambat dengan persentase 35%, pada faktor lingkungan nonsosial berada pada kategori menghambat dengan persentase 45%, pada faktor pendekatan belajar berada pada kategori tidak menghambat dengan persentase 40%. Berdasarkan hasil penelitian, maka faktor penghambat yang paling tinggi adalah faktor fisiologi dengan presentase 27,3%. Kata kunci: faktor penghambat, ekstrakulikuler futsal Abstract The research study was based of the futsal extracurricular activities in 3 Godean state Junior High School which has not progressed smooth as the team member barely joined the practice. This research was held to know the quantity of the obstacle factors that restricting the implementation of futsal extraculicular in 3 Godean junior high school. This is descriptive research with survey method while the data was gathered using question form technique. The research subject is 20 students of 3 godean junior high school. The data' analytical techniques used was the quantitative descriptive analyses in the form of percentage. Based on the results of the study it can be concluded that the obstacle in the futsal extraculicular activity are devide by the physiological factor which are on the hinder level category with percentage of 35%, in the psychological factors are on enough hinder level category with percentage of 40%, in social environmental factors are on enough hinder category with percentage of 35%, in nonsosial environmental factors are on hinder level category with precetage of 45%, on the learning approach the obstacle are on non hinder level category with a percentage of 40%. Based on the results of the research, the obstacle factor of the student was in their physiological factor which place on high percentage of 27.5%. Keyword:obstacle factor, futsal extraculicular

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.