FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN RENANG PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 KLATEN

Panky Dwi Saputra

Abstract


Abstrak SMA Negeri 2 Klaten merupakan salah satu sekolah favorit di Kabuaten Klaten, namun sarana dan prasarana yang digunakan saat proses pembelajaran renang masih bersifat umum karena sekolah belum memiliki fasilitas yang maksimal. Tujuan Penelitian untuk mengetahui faktor pendukung pembelajaran renang pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, menggunakan metode survei dengan pengambilan data menggunakan angket. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA/IPS di SMA Negeri 2 Klaten yang berjumlah 327 orang. Sampel penelitian berjumlah 100 peserta didik yang diambil secara Proportional Stratified Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil dari penelitian faktor pendukung pembelajaran renang pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Klaten adalah faktor guru berada dalam kategori tinggi sebesar 45%. Faktor peserta didik dalam kategori tinggi sebesar 33%. Faktor materi dalam kategori tinggi sebesar 40%. Faktor sarana dan prasarana berada dalam kategori sedang sebesar 36%. Untuk faktor lingkungan berada dalam kategori sedang yaitu sebesar 40%. Kata Kunci : faktor pendukung, pembelajaran renang Abstract SMA Negeri 2 Klaten is one of the favorite schools in Klaten Regency, but the facility and the infrastructure used in swimming learning process are still general because the schools does not have maximum facilities. The research objective is to determine the supporting factors of swimming learning on the students of Grade X SMA Negeri (State High School) 2 Klaten Regency, Central Java. The research was descriptive quantitative research, using survey method with data collection technique using questionnaire. The research population was all students of Glass X IPA/ IPS (Science and Social) in SMA Negeri 2 Klaten of 327 students. The research samples were 100 students taken by Proportional Stratified Random Sampling. The data were analyzed by using descriptive analysis in the form of percentage. The result of the research on supporting factor of swimming learning of Grade X students in SMA Negeri 2 Klaten is that teacher factor is in high category by 45%. The learner factor is in high category by 33%. The material factor is in the high category by 40%. The facility and infrastructure factor is in the medium category by 36%. For environmental factor, it is in medium category by 40%. Keywords: supporting factor, swimming learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.