KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN JASMANI SMP SE- KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP PROVINSI JAWA TENGAH

Septi Rohini

Abstract


Abstrak Peran guru bukan hanya sebagai perantara dalam transfer ilmu, akan tetapi juga dalam transfer nilai. Transfer nilai yang dilakukan oleh guru tidak akan terlepas dari kompetensi kepribadian yang dimiliki guru tersebut, maka dari itu perlu diketahui terlebih dahulu seberapa besar kompetensi kepribadian guru di masa ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kompetensi kepribadian guru pendidikan jasmani SMP se-Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, dengan jumlah populasi guru pendidikan jasmani SMP Kecamatan Kroya sebanyak 21 guru. Instrumen yang digunakan berupa skala kepribadian dengan 29 butir pernyataan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru pendidikan jasmani SMP se-Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap tidak terdapat guru yang masuk dalam kategori sangat baik, 28,57% kategori baik, 42,86% kategori cukup baik, 19,05% kategori kurang baik, dan 9,52% kategori tidak baik. Kata Kunci: kompetensi, kepribadian, Guru Pendidikan Jasmani. Abstrack Teachers play roles not only as agents of transfer of knowledge but also as agents of transfer of values. Transfer of values that teachers carry out is not separable from their personal competency; therefore, it is necessary to investigate their personal competency first. This study aims to investigate the personal competency levels of physical education teachers at junior high schools (JHSs) in Kroya District, Cilacap Regency. This was a quantitative descriptive study using the survey method. The study was a population study involving 21 physical education teachers at JHSs in Kroya District. The instrument was a personality scale with 29 statements. The data were analyzed using the descriptive analysis technique. The results of the study show that regarding the personal competency of physical education teachers at JHSs in Kroya District, Cilacap Regency, no teachers are in the very good category, 28.57% are in the good category, 42.86% in the fair category, 19.05% in the rather poor category, and 9.52% in the poor category. Keywords: personal competency, physical education teachers

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.