FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLAVOLI DI SMK MUHAMMDIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016

Didik Purwanto

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sarana dan prasarana untuk pembelajaran bolavoli masih kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung pembelajaran permainan bolavoli di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI di SMK Muhammdiyah 1 Prambanan Klaten yang berjumlah 75 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor pendukung pembelajaran permainan bolavoli di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2015/2016 berdasarkan indikator fisik dengan persentase sebesar 55,88% dan psikis persentase sebesar 55,94%. (2) Faktor pendukung pembelajaran permainan bolavoli di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2015/2016 berdasarkan indikator guru dengan persentase sebesar 57,26%, materi pelajaran sebesar 56,25%, sarana dan prasarana 53,17%, lingkungan sebesar 50,09%, dan peran orang tua persentase sebesar 54,28%. Kata kunci: faktor pendukung, pembelajaran, bolavoli Abstract The background of this study was inadequate facilities and infrastructures of volleyball learning. This study was aimed to determine supporting factors of volleyball learning in SMK Muhammadiyah 1 Prambanan, Klaten, Academic Year 2015/2016. This study was a descriptive research. The method used was survey with questionnaire to collect data. The subjects in this study were all 11th grade students of SMK Muhammadiyah 1 Prambanan, Klaten, totaling in 75 students. The data analysis technique was descriptive quantitative analysis in percentage. The research result showed that: (1) The supporting factors of volleyball learning in SMK Muhammadiyah 1 Prambanan, Klaten, Academic 2015/2016 were physical indicator (55.88%) and psychological indicator (55.94%). (2) The supporting factors of volleyball learning in SMK Muhammadiyah 1 Prambanan, Klaten, Academic 2015/2016 were teacher (57.26%), teaching material (56.25%), facility and infrastructure (53.17%), environment (50.09%), and parent (54.28%). Keywords: supporting factor, volleyball learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.