FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLAVOLI MINI SISWA KELAS V DAN VI DI SD N PAKEM TAMANMARTANI KALASAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Hana Fauziah Sofyani

Abstract


Abstrak Hakikat pembelajaran permainan bolavoli di sekolah dasar adalah dengan melakukan permainan sederhana. Tetapi, siswa kelas V dan VI di SD N Pakem Tamanmartani Kalasan sudah dapat bermain permainan bolavoli mini dengan peraturan yang sebenarnya. Hal tersebut tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor pendukung pembelajaran permainan bolavoli mini siswa kelas V dan VI di SD N Pakem Tamanmartani Kalasan Sleman tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan instrumen penelitian berupa angket. Validitas instrumen diuji menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan reliabilitas instrumen diuji menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan menuangkan frekuensi dalam bentuk persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dan VI di SD N Pakem yang berjumlah 46 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung pembelajaran permainan bolavoli mini siswa kelas V dan VI di SD N Pakem Tamanmartani Kalasan Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 terdiri dari faktor internal yang meliputi: jasmani, psikologi dan kelelahan dan faktor eksternal yang meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Faktor internal tergolong dalam kategori tinggi (34,8%), sedangkan faktor eksternal tergolong dalam kategori sedang (43,5%). Hasil secara keseluruhan adalah 6,5% (3 siswa) dalam kategori sangat tinggi, 28,3% (13 siswa) dalam kategori tinggi, 32,6% (15 siswa) dalam kategori sedang, 26,1% (12 siswa) dalam kategori rendah dan 6,5% (3 siswa) dalam kategori sangat rendah. Kata Kunci: siswa SD, bolavoli mini, pendukung, pembelajaran Abstract The essence of volleyball learning in elementary school is do a simple game. But, grade V and VI students in SD N Pakem Tamanmartani Kalasan can play mini volleyball games with actual regulations. It certainly influenced by many factors. The purpose of this study is to knowing the supporting factors of mini volleyball games learning of grade V and VI students in SD N Pakem Tamanmartani Kalasan Sleman 2016/2107 Academic Year. This research is a descriptive quantitative research. The research method is using survey method with questionairre research instrument. The instrument validity tested using Product Moment correlation, while instrument reliability tested using Cronbach’s Alpha formula. The data analysis technique in this research use quantitative statistical analysis techniques with transferring frequency in percentage form. The population in this research is all grade V and VI students in SD N Pakem Tamanmartani Kalasan Sleman 2016/2017 Academic Year which amount 46 student. The result of the research show that supporting factors mini volleyball games learning class V and VI students in SD N Pakem Tamanmartani Kalasan Sleman 2016/2017 Academic Year consist of internal factor which consisting of physical, psychology and fatigue dan external factors consisting of family, school and society. Internal factor classified in high category (34,8%), while external factor classified in average category (43,5%). The overall result is 6,5% (3 students) in very high category, 28,3% (13 students) in high category, 32,6% (15 students) in average category, 26,1% (12 students) in low category and 6,5% (3 students) in very low category.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.