PERSEPSI GURU TERHADAP SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Jatu Widanarti

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi masalah yang dialami oleh siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA N 4 Yogyakarta dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persepsi guru terhadap siswa Kelas Khusu Olahraga (KKO) dalam mengikuti pembelajaran di SMA Negeri 4 Yogyakarta tahun 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Sedangkan pengumpulan data menggunakan angket penelitian. Populasi penelitian ini adalah guru yang mengajar siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) tahun 2016/2017 sebanyak 30 guru dan sampel penelitian sebanyak 5 guru. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) dalam mengikuti pembelajaran di SMA Negeri 4 Yogyakarta tahun 2016/207 pada faktor eksternal, persepsi guru tergolong dalam kategori rendah sebanyak 14 guru (46,67%). Pada faktor internal tergolong dalam kategori rendah sebanyak 12 guru (40,00%). Pada faktor fungsional dalam kategori rendah sebanyak 11 guru (36,67%). Dari perhitungan penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa persepsi guru sebanyak 1 guru (3,33%) menyatakan sangat tinggi, 9 guru (30,00%) menyatakan tinggi, 6 guru (20,00%) menyatakan sedang, 12 guru (40,00%) menyatakan rendah, dan 2 guru (6,67%) menyatakan sangat rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi guru terhadap siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) dalam mengikuti pembelajaran di SMA N 4 Yogyakarta tergolong dalam kategori rendah yaitu sebanyak 12 guru (40,00%). Kata Kunci: Persepsi, Guru, Pembelajaran Abstract This research is motivated by the problems experienced by student sports class at senior high school 4 Yogyakarta in following learning. This study aims to determine how much teachers’ perception of students sports class in following learning at senior high school 4 Yogyakarta in 2016/2017. This research is quantitative descriptive. The method used is a survey method. While collecting data using questionnaires research. The study population was teachers who teach student sports class in 2016/2017 by 30 teachers and samples are 5 teachers. Data were analyzed using descriptive statistics percentages. The results showed that the perception of the teachers of student sports class in the following study in senior high school 4 Yogyakarta in 2016/207 on teachers' perceptions of external factors classified in the low category as many as 14 teachers (46.67%). On internal factors classified in the low category as many as 12 teachers (40.00%). In the functional factors in the low category as many as 11 teachers (36.67%). From the calculation of the overall study shows that the perception of teachers as much as 1 teacher (3.33%) expressed very high, nine teachers (30.00%) stated that high, 6 teachers (20.00%) said it was, 12 teachers (40.00 %) expressed low, and 2 teachers (6.67%) expressed very low.The conclusion of theacher’s perception to sport class student in following learning at Senior High School 4 Yogyakarta year 2016/2017 categorized low as many as 12 teachers (40,00%). Keyword: perception, teacher,and learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.