PERBEDAAN NILAI-NILAI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI DAN YANG TIDAK MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER DI MTS NEGERI YOGYAKARTA 2

Doni Saputra

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ada beberapa siswa yang menganggap ekstrakurikuler itu hanya bermain dan berkumpul dengan teman saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai-nilai sosial pada peserta didik yang mengikuti dan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler di MTS Negeri Yogyakarta 2. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler tambahan dan tidak mengikuti ekstrakurikuler di MTS Negeri Yogyakarta 2 yang berjumlah masing-masing 4 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan nilai-nilai sosial pada peserta didik yang mengikuti dan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler di MTS Kata kunci: nilai sosial, ekstrakurikuler, mengikuti ekstrakurikuler Abstract This research is motivated by there are still some students who consider extracurricular it was just playing and hanging with friends only. This study aims to determine differences in social values among students who follow and who do not follow extracurricular MTS N 2 Yogyakarta. This research is a comparative descriptive. The method used was survey with data retrieval technique using a questionnaire. Subjects in this study were students who follow an additional extra-curricular and extracurricular MTS Yogyakarta 2, does not follow the amounting respectively 4 students. Data were analyzed using t test analysis with a significance level of 5%. The results showed that: (1) There are differences in social values among students who follow and who do not follow extracurricular Yogyakarta, with a mean difference 15.25. Keywords: social values, extra-curricular, extracurricular follow

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.