PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR BOLA TANGAN UNTUK MAHASISWA PJKR FIK UNY

Duaji Rahadyan Nursantiko

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi karena masih minimnya media pembelajaran video teknik dasar bola tangan di kalangan mahasiswa PJKR. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui: (1) Bagaimana mengembangkan video tutorial teknik dasar bola tangan untuk mahasiswa PJKR FIK UNY angkatan 2013 yang mengambil mata kuliah permainan bola tangan layak digunakan, dan (2) Bagaimana kualitas pengembangan video tutorial teknik dasar bola tangan untuk mahasiswa PJKR FIK UNY angkatan 2013 yang mengambil mata kuliah permainan bola tangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli media, ahli materi, dan mahasiswa. Subjek uji coba yaitu mahasiswa PJKR FIK UNY angkatan 2013 yang berjumlah 30 mahasiswa. Pengembangan video tutorial teknik dasar bola tangan untuk mahasiswa FIK UNY dilakukan melalui 4 tahap, yaitu: (1) tahap awal; (2) tahap desain; (3) tahap pengembangan; dan (4) tahap ujicoba atau implementasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi 1 diperoleh persentase sebesar 92% dalam kategori “sangat layak”, ahli materi 2 diperoleh persentase sebesar 92% dalam kategori “sangat layak”, dan ahli media diperoleh persentase sebesar 86,67% dalam kategori “sangat layak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video tutorial teknik dasar bola tangan untuk mahasiswa PJKR FIK UNY sangat layak digunakan sebagai pedoman pembelajaran. Kata kunci: pengembangan, video tutorial, teknik dasar bola tangan Abstract This study was backed by the due the lack of medium of learning of handball fundamental among the students of PJKR. This research was held to determine: (1) How to developing video tutorials of handball fundamental for students of PJKR FIK UNY year of 2013 who took handball course which was feasible, and (2) How was the quality of developing video tutorials handball fundamental for students of PJKR FIK UNY year of 2013 who took handball course. The research method used was Research and Development. The technique of data collection uses questionnaire for media expert, material expert, and students. The subject was students of PJKR FIK UNY year of 2013 in amount of 30 students. Video tutorials development of handball fundamental for students of FIK UNY was conducted by 4 steps, there were: (1) first step; (2) design step; (3) developing step; and (4) trial step or implementation. Data analysis uses descriptive qualitative and quantitative which was converted to percentage form. Based on the result shows that validation of 1st material expert obtained percentage 92% in “very worth” category, 2nd material expert obtained percentage 92% in “very worth” category, and media expert obtained percentage 86,67% in “very worth” category. Thus could conclude that video tutorials handball fundamental for students of PJKR FIK UNY was very worth used as learning direction. Keywords: development, video tutorials, handball fundamental

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.