HAMBATAN SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI MTS MA’ARIF DAARUSHOLIHIN SUMBERADI MLATI SLEMAN

Aditya Dwi Nugroho

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran pendidikan jasmani di MTs Ma’arif Daarusholihin Sumberadi Mlati Sleman belum bisa berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hambatan siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di MTs Ma’arif Daarusholihin Desa Sumberadi Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di MTs Ma’arif Daarusholihin yang berjumlah 133 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di MTs Ma’arif Daarusholihin Desa Sumberadi Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman berdasarkan faktor internal indikator fisik sebesar 50,77% dan psikologis sebesar 49,23%, faktor eksternal indikator guru sebesar 33,82%, kelengkapan fasilitas sebesar 33,06%, dan materi pembelajaran sebesar 33,11%. Kata kunci: hambatan belajar, Penjasorkes, MTs Ma’arif Daarusholihin Abstract This research is motivated by the learning process of physical education in MTs Ma’arif Daarusholihin Sumberadi Mlati Sleman cannot go well. This study aims to determine how big the obstacles of the students in following physical education learning in MTs Maarif Daarusholihin Sumberadi Sub- District, Mlati District Sleman, Regency is. This research was descriptive. The method used was by survey with data collection technique by using questionnaire. The subjects in this study were students of MTs Maarif Daarusholihin of 133 students. The data were analysed by using descriptive quantitative analysis as outlined in percentage form. The results show that the obstacles of the students in following physical education learning process in MTs Maarif Daarusholihin Sumberadi Sub- District, Mlati District, Sleman Regency based on physical indicator internal factors 50.77% and psychological factor 49.23%, external factors of teacher indicators 33.82% , complete facilities 33.06%, and learning materials 33.11%. Keywords: learning obstacles, Penjasorkes, MTs Maarif Daarusholihin

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.