PANDUAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI UNTUK REMAJA BERBASIS ANDROID

Asep Santosa

Abstract


Abstrak Tujuan penelitian ini dirancang untuk membuat panduan aktivitas kebugaran jasmani untuk remaja yang diakses menggunakan smartphone bersistem operasi android. Penelitian ini merupakan penelitian research and development. Tahap yang digunakan adalah proses pengembangan perangkat lunak oleh Pressman (2001) yang meliputi analisis kebutuhan, desain, pembuatan kode program, dan pengujian. Pengujian dilakukan melalui pengujian alpha-beta, validasi dan kelayakan berdasarkan faktor usability. Pengujian alpha dilakukan oleh pengembang, uji validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Pengujian beta meliputi uji kelayakan faktor usability menggunakan Computer System Usability Questionnaire J.R Lewis dengan responden yaitu remaja berusia 15-19 tahun sebanyak 20 orang. Analisis data dilakukan dengan konversi nilai dari hasil pengujian dan menentukan skala penilaian untuk menentukan kategori kelayakan dari perangkat lunak yang dikembangkan. Hasil penelitian diperoleh: (1) Terciptanya Panduan Aktivitas Kebugaran Jasmani untuk Remaja Berbasis Android; (2) Kelayakan telah teruji dengan baik dari segi media, segi materi maupun dari faktor usability dengan kategori “sangat layak” pada masing-masing tahap pengujian. Nilai dari hasil uji validasi ahli media sebesar 4,55 dan ahli materi sebesar 4,55 berada pada rentang > 4,0 sehingga masuk pada kategori “sangat layak”. Nilai dari hasil uji kelayakan faktor usability sebesar 5,98 berada pada rentang > 5,5 sehingga masuk pada kategori “sangat layak”. Kata kunci: panduan aktivitas kebugaran, android Abstract The purpose of this research is designed to make physical fitness activities guide for teens that are accessed using android-power smartphone. This research is a research and development researches. The stages used was the software development process by Pressman (2001) which include analysis requirements, design, coding, and testing. Testing is done through testing of alpha-beta, validation and feasibility factors based in usability. Alpha testing is done by developer, testing validation carried out by media expert and material expert, beta testing include testing the feasibility of usability using Computer System Usability Questionnaire J.R Lewis with respondents i.e. teenagers aged 15-19 years as many as 20 people. Data analysis was done with the conversion of value of the result and determine the scale of assessments to determine category eligibility of software developed. The research result obtained: (1) the creation of Physical Fitness Activities Guide for Android-based Teenager; (2) Eligibility has been tested with both in term of media, in term of the material or from a factor usability with category “very feasible” on the respective testing. The value of the results validation test by the media is 4,55 and the material is 4,55 are on the range > 4,0 so get in on the category of “very feasible”. The value of the eligibility test of usability factor is 5,98 at the range of > 5,5 so get in on the category of “very feasible”. Keyword: fitness activity guide, android

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.