PENGEMBANGAN BOLA REAKSI SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN KOORDINASI MATA TANGAN DAN KAKI DALAM PENDIDIKAN JASMANI

Fajar Setyo Pranyoto

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya sarana pembelajaran pendidikan jasmani untuk meningkatkan koordinasi mata, tangan, dan kaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bola reaksi sebagai sarana pembelajaran koordinasi mata, tangan, dan kaki dalam pendidikan jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan melalui tahapan sebagai berikut: analisis kebutuhan, menyusun perencanaan, mengembangkan produk awal berupa pembuatan produk awal yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya produk di uji cobakan kepada peserta didik melalui uji coba kelompok kecil, revisi, uji coba lapangan dan revisi produk akhir. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banguntapan Yogyakarta berjumlah 40 siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dan lembar evaluasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deksriptif kuantitatif. Data hasil penelitian berupa kualitas produk, saran, dan perbaikan dianalisis secara kualitatif, dan data berupa kuantitatif diolah secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan validasi yang dilakukan menggunakan bola rekasi sebagai sarana pembelajaran oleh ahli materi termasuk dalam kriteria “sangat baik” dengan rerata 4,55 dan ahli sarana prasarana menunjukkan kriteria “sangat baik” dengan rerata skor 4,41. Sedangkan uji lapangan bola reaksi yang diujikan kepada peserta didik menunjukkan kriteria “sangat baik” dengan rerata skor 4,21. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan bola reaksi layak digunakan sebagai sarana pembelajaran guna meningkatkan reaksi, koordinasi mata, tangan, dan Kata Kunci: bola reaksi, sarana pembelajaran, koordinasi mata, tangan, dan kaki The background of this study is the lack of learning medium in physical education to improve feet and hand-eye coordination. This study aims to develop a reaction ball as a learning medium of the coordination among feet, hands, and eyes in physical education. The study consists of several stages, as follows: analyzing needs, arranging the plans, developing the first product validated by the material and tools experts. Next, a try-out is conducted for students through small group try-out, revision, experiment, and final product revision. The subjects of the study are 40 seventh graders of SMP Negeri 2 Banguntapan, Yogyakarta. The data were collected using questionnaires and evaluation sheets. Descriptive quantitative research was conducted. The data include the product quality and suggestions, revision was analyzed using qualitative, and quantitative data were processed using descriptive statistics. T he findings show that the use of a reaction ball as a learning medium result as “very good” with the average of 4.55 by material experts and “very good” with the average of 4.41 by tool experts. The try-out tested on the students shows “very good” with the average of 4.21. To conclude, the development of reaction ball is appropriate to use as a learning medium to improve students’ reaction, feet and hand-eye coordination in physical education at schools. Keywords: reaction ball, learning media, hand-eye coordination

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.