PENGARUH TINGKAT (IQ) DAN (EQ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENJASORKES SISWA DI SMPN 15 YOGYAKARTA

Febri Sulistiya

Abstract


Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara: (1) Pengaruh kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar penjasorkes (2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar penjasorkes (3) Pengaruh kecerdasan intelektual dan kecerasan emosional terhadap prestasi belajar penjasorkes. Penelitian menggunakan metode korelasional dengan pendekatan regresi linier berganda. Berdasarkan komasis diperoleh persamaan regressi sebagai berikut: Y = 0,04 X1 + 0,03 X2 +2,708 dengan koefisien determinasi (R2) 0,149 artinya (0,149 x 100%) = 14,9% pretasi belajar penjasorkes dipengaruhi oleh kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional, 85,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kecerdasan intelektual berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar penjasorkes. Kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar penjasorkes. Kecerdasan intelektual dan kecerdasn emosional bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar penjasorkes. Kata kunci : kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, prestasi belajar Abstract This study aims to determine the effect of: intellectual intelligence on learning performance of the physical and health education, 2) emotional intelligence on learning performance of the physical and health education, 3) intellectual and emotional intelligence on learning performance of the physical and health education. This research was using correlational method with double linear regression approach. The population was students of State Junior High School 15 Yogyakarta. Results showed the regression formula of Y = 0,04 X1 + 0,03 X2 +2,708 with determination coefficient (R2) 0,149 which mean that (0,149 x 100%) = 14,9% the learning performance was effected by intellectual and emotional intelligence and 85,1% effected by other factors. The results showed that intellectual intelligence effected the learning performance of the physical and health education. Emotional intelligence effected the learning performance of the physical and health education. Intellectual and emotional intelligence affected learning performance of the physical and health education. Keywords: intellectual intelligence, emotional intelligence, learning performance.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.