PENGARUH LATIHAN SELF TALK POSITIF TERHADAP KEMAMPUAN FREE THROW PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Alfristo Kevin Pranata

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya mental peserta ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan self talk positif terhadap kemampuan free throw dalam permainan bolabasket pada peserta yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain perlakuan statis (static group comparation). Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 15 Yogyakarta yang berjumlah 20 peserta (penelitian populasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah AAHPERD free throw test, dengan validitas dan reliabilitas instrumen antara 0,70 – 0,80. Teknik analisis data menggunakan Paired Sampel T test pada taraf signifikansi 0,05 atau 5 %. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh latihan self talk positif yang signifikan terhadap kemampuan free throw peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 15 Yogyakarta. Dengan nilai t hitung (6,781) > t tabel (2,262), dan nilai p (0,000) < dari 0,05. Hasil peningkatan persentase kelompok eksperimen sebesar 67,213 % dan kelompok kontrol sebesar 4,347 %. Kata kunci : latihan self talk positif, free throw, Bolabasket THE EFFECT OF POSITIVE SELF TALK TRAINING ON FREE THROW ABILITY ON THE PARTICIPANTS OF THE BASKETBALL EXTRACURRICULAR IN SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA Abstract This research was done based on the low mentality of the basketball extracurricular participants in SMP Negeri 15 Yogyakarta. The main purpose of this research is to analyze the positive self-talk training effects towards the ability of free throw in the basketball game for the participants who joins the basketball extracurricular in SMP Negeri 15 Yogyakarta batch 2015/2016. This research is an experimental research with the use of static group comparation. The population of this research is the whole participants who join the basketball extracurricular and there are 20 participants. The instrument of this research is AAHPERD free throw test, with the validity and reliability instrument between 0,70% - 0,80%. The data technique analysis uses the Paired Sample T test at significance level of 0,05 or 5%. The result of this research is that there is a significant effect of the positive self-talk training towards the ability of free throw to the basketball extracurricular participants in SMP Negeri 15 Yogyakarta. The T-values was 6,781 > t table was 2,262 and the p score is counted as 0,000 < 0,05. The improvement in the group experiment is 67,213% and group control is 4,347%. Keyword: positive self-talk training, free throw, basketball

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.