FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 WATES TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLABASKET

Adityaa Bayura Ariyantara

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran penjasorkes yang kurang optimal khususnya saat materi permainan bolabasket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wates terhadap proses pembelajaran permainan bolabasket. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket yang terdiri dari 23 pernyataan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wates. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan faktor internal yang mempengaruhi persepsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wates terhadap proses pembelajaran permainan bolabasket berada pada kategori sangat baik dengan persentase 10% atau 4 siswa, kategori baik dengan persentase 12.5% atau 5 siswa, kategori cukup baik dengan peresentase 42.5% atau 17 siswa, kategori kurang baik dengan persentase 27.5% atau 11 siswa dan kategori sangat kurang dengan persentase 7.5% atau 3 siswa, sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi persepsi siswa kelas VII terhadap proses pembelajaran permainan bolabasket di SMP Negeri 4 Wates berada pada kategori sangat baik dengan persentase 7.5% atau 3 siswa, kategori baik dengan persentase 25% atau 10 siswa, kategori cukup baik dengan peresentase 27.5% atau 11 siswa, kategori kurang baik dengan persentase 35% atau 14 siswa dan kategori sangat kurang dengan persentase 5% atau 2 siswa. Kata kunci: persepsi, proses pembelajaran, permainan bolabasket Abstract This research was motivated by penjasorkes learning process which is less than optimal, particularly in basketball game material. The aim of this research is to know the perception of the students in grade VII of SMP Negeri 4 Wates in basketball game learning. This research was descriptive quantitatif research which the technique of data collection used questionnaires that was consisting of 23 statements. The researach subject is students in grade VII of SMP Negeri 4 Wates. The data analysis which was used in this research was the analysis of statistical descriptive quantitative. Based on the result of data analysis shown the internal factors which was influencing to the students’ perception in grade VII of SMP Negeri 4 Wates in basketball game learning process are in the excellent category in 10% of percentage or namely 4 students, then in good category in 12,5% or namely 5 students, in the middle category in 42,5% or namely 17 students, next is unfavorable category in 27,5% of percentage or namely 11 students and very unfavorable category in 7,5% of percentage or namely 3 students, in addition the external factors which was influencing the students’ perception of VII grade of SMP Negeri 4 Wates in basketball game learning process were in the excellent category in 7,5% of percentage or called 3 students, after that in good category in 25% of percentage or called 10 students, in the middle category in 27,6% or called 11 students, next is unfavorable category in 35% of percentage or called 14 students, the last is very unfavorable category in 5% of percentage or called 2 students. Key Words: perception, learning process, basketball game.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.