KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ahmed Syukron Ghozali

Abstract


Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana yang meliputi: jenis yang tersedia, jumlah total yang tersedia, kondisi (jumlah dan persentase dengan standar baik, modifikasi baik, dan yang rusak), dan status kepemilikan (jumlah dan persentase milik sendiri, meminjam, dan menyewa).Penelitian ini menggunakan metode survai dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif, dengan instrumen lembar observasi atau melalui pengamatan langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri se-Kabupaten Bantul yang berjumlah 19 sekolah. Hasil dari penelitian di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul yaitu: sarana yang tersedia seluruhnya ada 34 jenis, dan jumlah total seluruhnya 3331 buah, yang tersedia dengan kondisi standar (baik) sebanyak 93,70%, modifikasi (baik) sebanyak 2,40%, dan yang rusak sebanyak 3,90%. Untuk status kepemilikan, sarana milik sendiri sebanyak 99,94%, dan meminjam sebanyak 0,06%. Prasarana (perkakas) seluruhnya ada 8 jenis, dan jumlah total seluruhnya sebanyak 314 buah, yang tersedia dengan kondisi standar (baik) sebanyak 97,19%, modifikasi (baik) tidak ada atau 0%, dan yang rusak sebanyak 2,81%. Untuk status kepemilikan, prasarana (perkakas) milik sendiri sebanyak 96,14%, dan meminjam sebanyak 3,86%. Prasarana (fasilitas) seluruhnya ada 8 jenis, dan jumlah total seluruhnya sebanyak 125 buah, yang tersedia dengan kondisi standar (baik) sebanyak 98,30%, modifikasi (baik) sebanyak 0,96%, dan yang rusak sebanyak 0,74%. Untuk status kepemilikan, prasarana (fasilitas) milik sendiri sebanyak 94,10%, dan meminjam sebanyak 5,90%. Kata kunci: ketersediaan, sarana, prasarana (perkakas), prasarana (fasilitas) Abstract The purpose of this research is to find out the availability of tools and infrastructures of physical education, which contains: the types available, the total amount available, condition (number and percentage with good condition, good modification, or broken condition), and the status of ownership (the number and percentage of private, borrowing and hiring properties).The research used is survey methode and descriptive quantitative to analyse the datas. The instrument used is observation sheet with direct observation. The population are, nineteen Public Senior High Schools in Bantul Regency.The result of this research are: the total number of the tools available are 3331 items which can be divided into 34 types . They are available in good condition 93,70%, good modification 2,40% and broken 3,90%. The ownership of the tools are: 99,94% belong to the schools themselves and 0,06% is borrowed by others. There are 8 kinds of infrastructure (devices) available, which consist of 314 total items. Those are available in good condition 97,19%, good modification 0%, broken 2,81%. Looking at the ownership, 96,14% of the infrastructure (devices) belong to the school themselves and 3,86% of them are borrowed from others. There are 8 kinds of infrastructure (facilities) available, which consist of 125 total items. Those are available in good condition 98,30%, good modification 0,96%, broken 0,74%. Looking at the ownership, 94,10% of the infrastructure (facilities) belong to the school themselves and 5,90% of them are borrowed from others. Keywords: availability, tools, infrastructure (devices), infrastructure (facilities)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.