PEMETAAN PENGGUNAAN METODE MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA/SMK MITRA UNY

Fitri Nur Isnaeni

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru yang terlihat mengesampingkan makna awal dari penggunaan metode mengajar sehingga metode dan materi ajar yang digunakan menjadi kurang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan penggunaan metode mengajar berdasarkan dokumen RPP. Desain penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode survei analisis dokumen. Populasi penelitian ini yaitu guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA/SMK mitra UNY. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman dokumentasi yang telah divalidasi oleh 2 expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 20,74% guru cenderung menggunakan metode demonstrasi. Sebanyak 36,37%. guru cenderung menggunakan 5 metode dalam RPP. Sebanyak 21,43% guru cenderung menggunakan metode demonstrasi dalam materi permainan bola besar. Metode yang jarang digunakan oleh guru yaitu metode uji diri, metode konvergen, metode divergen, metode program individu peserta didik, metode inisiasi peserta didik, dan metode mengajar diri sendiri. Pada Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 menunjukkan bahwa guru cenderung menggunakan metode demonstrasi. Kata kunci: metode, mengajar, guru Abstract The background of this research is because the teacher looks override the use of initial meaning from teaching methods so that, methods and teaching materials used are becoming less relevant. This research aims is to classify the used of teaching methods based on lesson plan documents. The design of this research is using a descriptive research with survey methods analysis of documents. High School Physical Education teacher is the main object of this research. The sample are taken using purposive sampling technique. The instruments that used in this research is documentation guidelines that have been validated by 2 expert judgments. The used of data technique analysis is descriptive content analysis. The result showed that 20,74% teachers tend to use demonstration methods. 36.37% teachers tend to use 5 methods in lesson plan, and 21,43% teachers tend to use demonstration methods in big ball games material. The rarely style that used by teacher when they teach are; a self-checks style, convergent style, divergent style, learner design-individual program style, learner’s initiated style, and self-teaching style. Curriculum 2006 and curriculum 2013 showed that teacher tend to use demonstration methods. Keyword: method, teaching, teacher Pemetaan Penggunaan Metode...(Fitri Nur Isnaeni) 2

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.