PENGARUH TEKNIK DASAR DAN PERMAINAN KINCIR BOLA TERHADAP KETERAMPILAN RENANG GAYA PUNGGUNG PESERTA EKSTRAKURIKULER KELAS III, IV, V SD BUDI MULIA DUA KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Claudia Megawati Suyanto,

Abstract


Abstrak Sekolah Dasar Budi Mulia Dua menerapkan pembelajaran renang sebagai salah satu ekstrakurikuler. Pada pelaksanaannya beberapa peserta ekstrakurikuler hanya bisa beberapa gaya saja dalam renang, sehingga perlu dibantu permainan air yang dapat membuat Peserta ekstrakurikuler menjadi mudah belajar gaya punggung salah satunya permainan kincir bola. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan renang gaya punggung peserta ekstrakurikuler kelas III, IV, V Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Yogyakarta dengan permainan kincir bola. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan Permainan Kincir Bola. Instrumen berupa lembar observasi indikator keberhasilan renang gaya punggung. Subjek penelitian adalah campuran anak kelas II, IV, V yang menjadi peserta ekstrakurikuler SD Budi Mulia Dua Yogyakarta sebanyak 15, 11 anak putra dan 4 putri. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t (paired sample t test). Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung (13,315) > t (2,132), dan nilai p (0,000) < dari 0,05, hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t hitung tabel lebih besar dari pada t , maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh teknik dasar dan permainan kincir bola terhadap keterampilan renang gaya punggung peserta ekstrakurikuler di SD Budi Mulia Dua Yogyakarta. Kata kunci : permainan kincir bola, renang gaya punggung, ekstrakurikuler. Abstract table Budi Mulia Dua Elementary School apply swim learning as the one of extracurricular.In implementation some extracurricular participant just can be some stroke, so water game can easy to help extracurricular participant how to learning the backstroke with kincir bola game. The purpose this research is to improve backstroke skills extracurricular participant class III, IV, V in Budi Mulia Dua Elementary School with kincir bola game. The kind of researchused in this research is experiment with kincir bola game. The instrument is observation sheet indicators of success backstroke. The subject research is 15 extracurricular participant from class III, IV, V. Data analysis techniques using hypothesis with paired sample t test. The research result is t count (13,315) > t table (2,132), and p (0,000) < 0,05, this result is t count more than t . So can be concluded there are significant basic techniques and kincir bola game against backstroke skills of extracurricular participant in Budi Mulia Dua Elementary School. Keywords: kincir bola game, backstroke, extracurricular.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.