PERSEPSI SISWA KELAS VIII TERHADAP PEMBELAJARAN RENANG DI SMP NEGERI 1 PURBALINGGA

Faiq Aulia Mahrifat, Hedi Ardiyanto Hermawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi persepsi siswa kelas VIII dalam
mengikuti pembelajaran renang di SMP Negeri 1 Purbalingga.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan survey. Subjek penelitian
adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Purbalingga yang berjumlah 284 peserta didik
kemudian diambil sampel menggunakan teknik proportional random sampling sebanyak 157 peserta
didik. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan reliabilitas instrumen 0,841. Teknik analisis data
yang dilakukan adalah dengan persentase statistik deskriptif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seberapa tinggi persepsi siswa dalam mengikuti
pembelajaran renang kelas VIII SMP Negeri 1 Purbalingga adalah sangat positif dengan pertimbangan
frekuensi terbanyak yaitu 123 responden atau 78,3%, kemudian 30 responden atau 19,1% memiliki
persepsi yang positif, sedangkan 4 responden atau 2,5% memiliki persepsi kurang positif  dan tidak
ada responden yang memiliki persepsi negatif atau 0%.
 
Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran, Pembelajaran Renang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.