PENGETAHUAN GURU PJOK TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-KABUPATEN SLEMAN

Akmal Aroma, Nur Rohmah Muktiani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat
pengetahuan guru PJOK sekolah menengah atas di kabupaten sleman terhadap
media pembelajaran berbasis ICT di dalam proses pembelajaran pendidikan
jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan metode
yang digunakan adalah metode survey. Instrumen penelitian yang digunakan
untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket. Subjek penelitian
yang digunakan adalah guru PJOK SMA Se-Kabupaten Sleman yang berjumah 40
orang. Untuk menganalisis data digunakan statistik deskriptif dengan persentase.
Validitas dalam penelitian ini menggunakan rumus uji korelasi. Reliabilitas
penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach. Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh kecenderungan kategori Pengetahuan Guru PJOK terhadap media
pembelajaran berbasis ICT di Sekolah Menengah Atas  Se-Kabupaten Sleman
pada kategori rendah tidak ada (0%), kategori sedang sebanyak 8 orang (20 %),
kategori tinggi sebanyak 32 orang (80 %), sehingga dapat disimpulkan kategori
Pengetahuan Sebagian Besar Guru PJOK terhadap media pembelajaran berbasis
ICT di Sekolah Menengah Atas  Se-Kabupaten Sleman adalah tinggi.

Kata kunci: Pengetahuan, Guru PJOK, Media Pembelajaran Berbasis ICT



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.