ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS VII MAPEL PJOK DITINJAU DARI HIGHER ORDER THINKING SKILLS DI SMP NEGERI SE-WILAYAH SLEMAN TIMUR

Galih Kumara, Ahmad Rithaudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rencana pelaksanaan pembelajaran guru PJOK tentang
pembelajaran yang memuat HOTS (Higher Order Thinking Skills) di SMP Negeri se-Wilayah Sleman Timur.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
metode survey, dengan teknik pengumpulan data menggununakan instrumen penilaian atau analisis data. Subyek
penelitian ini adalah seluruh Guru PJOK se-Wilayah Sleman Timur yang berjumlah 16 Guru yang dilakukan pada
10 Maret – 20 Maret 2019 dan dalam penelitian ini yang diteliti atau dianalisis adalah komponen- komponen
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tentang pembelajaran yang memuat HOTS (Higher Order Thinking
Skills) yang telah dibuat Guru PJOK kemudian di skoring dan hasil tersebut dipersentasekan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa analisis rencana pelaksanaan pembelajaran guru PJOK tentang pembelajaran yang memuat
HOTS (Higher Order Thinking Skills) di SMP Negeri se-Wilayah Sleman Timur berada pada kategori “sangat
baik” dengan presentase 0%, kategori “baik” dengan persentase 93,75%, kategori “cukup” dengan persentase
6,25%, kategori “kurang” dengan presentase 0%, dan kategori “sangat kurang” dengan presentase 0%.  
Kata Kunci: PJOK, pembelajaran, HOTS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.