KEMAMPUAN GURU PJOK SMP NEGERI DI KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN DALAM MENYUSUN RPP PJOK

Ghaida Rose Angkawati, Ngatman Ngatman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kemampuan guru PJOK SMP Negeri di Kecamatan
Depok, Kabupaten Sleman dalam menyusun RPP PJOK sesuai dengan komponen-komponen standar kurikulum
2013. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan metode penelitian survei. Subjek penelitian
ini adalah 7 orang Guru PJOK SMP Negeri di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Data yang diambil merupakan
RPP Guru PJOK, yang dinilai dengan menggunakan instrumen checklist RPP yang dituangkan dalam presentase.
Hasil penelitian kemampuan guru SMP Negeri di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman dalam menyusun RPP,
yang terdiri dari berbagai aspek yaitu: 1) identitas mata pelajaran berada pada kategori “sangat baik”(100%); 2)
perumusan indikator berada pada kategori “sangat baik”(100%); 3) tujuan pembelajaran berada pada kategori
“baik”(42,86%) dan “sangat baik”(57,14%); 4) perumusan materi ajar berada pada kategori “baik”(14,29%) dan
“sangat baik”(85,71%); 5) pemilihan sumber dan media pembelajaran berada pada kategori “sangat baik”(100%); 6)
model pembelajaran berada pada kategori “baik”(14,29%) dan “sangat baik”(85,71%), 7) skenario pembelajaran
berada pada kategori “sangat baik”(100%); dan 8) penilaian berada pada kategori “baik”(57,14%) dan “sangat
baik”(42,86%). Dengan demikian dapat disimpulkan RPP PJOK yang dibuat oleh guru SMP Negeri di Kecamatan
Depok, Kabupaten ber-kategori “Sangat Baik”(100%).
Kata kunci: Kemampuan, Guru PJOK, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PJOK

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.