PENGARUH PEMBELAJARAN TAEKWONDO TERHADAP KEBUGARAN FISIK ANAK USIA 8-12 TAHUN

Rr Lidwina Braniati Ayuningtyas SP, Devi Tirtawirya

Abstract


Tujuan  yang  ingin  dicapai  dalam  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  pengaruh
pembelajaran taekwondo terhadap kebugaran fisik anak usia dini.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen, desain yang
digunakan dalam penelitian ini adalah model one gruop pretest posttest design. Seluruh popuasi
dalam penelitian ini digunakan sebagai sampel peneitian, subjek penelitian adalah anak usia dini
yang berjumlah 10 peserta. Instrumen yang digunakan untuk kebugarn fisik menggunakan TKJI
yang terdiri dari lari 40 meter, gantung siku tekuk, baring duduk, loncat tegak, dan lari 600 meter.
Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t (paired sample t test).
Berdasarkan hasil peneitian dan pembahasan analisisi uji t diatas telah diperoleh nilai t hitung
(5,217) > t tabel  (2,262), dan nilai p (0,001) < dari 0,05, hasil tersebut diartikan ada pengaruh
pembelajaran taekwondo terhadap kebugaran fisik anak usia dini, dengan peningkatan sebesar
36,49 %. Hasil tersebut disimpulkan ada pengaruh pembelajaran taekwondo terhadap kebugaran
fisik anak usia dini.
 
Kata kunci : pengaruh, pembelajaran taekwondo, kebugaran fisik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.