PERTIMBANGAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENILAIAN MATA PELAJARAN PJOK BERDASARKAN RANAH KOGNITIF, AFEKTIF, PSIKOMOTORIK BAGI SISWA SMP NEGERI SE – KABUPATEN SLEMAN

Ahmad Nugroho Mei Herwanto, Sridadi Sridadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase pertimbangan guru dalam
memberikan penilaian mata pelajaran PJOK bagi siswa Sekolah Menengah Pertama Se – Kabupaten Sleman
yang mencakup tiga aspek penilaian yaitu aspek kognitif, aspek psikomotorik dan aspek afektif. Penelitian
ini merupakan penilitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei dengan teknik
pengambilan data melalui angket. Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket telah divalidasi oleh
seorang ahli (expert judgement). Uji validitas dari 45 butir pertanyaan terdapat 7 butir pernyataan gugur dan
diperoleh 38 butir yang valid dengan nilai validitas total rata – rata sebesar 0,562, pada uji reliabilitas angket
menggunakan rumus Alpha Cornbach diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,948. Hasil Penelitian
menunjukkan bahwa pertimbangan guru dalam memberikan penilaian mata pelajaran PJOK bagi siswa tidak
terlepas dari tiga aspek penilaian. Hasil ini ditunjukkan dengan pertimbangan aspek kognitif sebesar 31,25%,
pertimbangan aspek afektif sebesar 31,80% dan pertimbangan aspek psikomotorik sebesar 36,95%. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa aspek psikomotorik menjadi paling tinggi yang dilakukan
dalam proses penilaian pembelajaran PJOK.
 
Kata Kunci : Pertimbangan Guru, Penilaian PJOK, Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.