KOMPETENSI MAHASISWA PLT PRODI PJKR DI SMP DAN SMA SE-KABUPATEN BANTUL TAHUN 2017 BERDASARKAN PENILAIAN GURU PEMBIMBING

Danu Priyandono, Tri Ani Hastuti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik kompetensi mahasiswa PLT Prodi
PJKR di SMP dan SMA Se-Kabupaten Bantul Tahun2017 bedasarkan penilaian Guru Pembimbing.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode survei. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa prodi PJKR yang melaksanakan PLT di
Kabupaten Bantul tahun 2017 yang berjumlah 32 mahasiswa. sampel dalam penelitian ini adalah total
sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas per butir instrumen
menggunakan rumus Product Moment yaitu r hitung ≥ 0,576 dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha
Croanbach diperoleh koefisien sebesar 0,986. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif dengan persentase.
 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi mahasiswa PLT Prodi PJKR di SMP dan SMA SeKabupaten
Bantul
Tahun2017
bedasarkan
penilaian
Guru
Pembimbing
sebagai
berikut:
sebanyak
15,63%
(5

orang)
memiliki
kompetensi
sangat
baik,
9,38% (3
orang)
memiliki
kompetensi
baik,
43,75% (14
orang)

memiliki
kompetensi
cukup baik,
28,13% (9
orang)
memiliki
kompetensi
kurang
baik,
dan 3,13%
(1
orang)

memiliki
kompetensi
sangat
tidak
baik.


Kata kunci: Kompetensi, Mahasiswa, PLT.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.