TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS IV DAN V SD NAHDLATUL ULAMA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Wahyu Dwi Santoso, Panggung S.

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran penjas
dimungkinkan dipengaruhi oleh kemampuan motorik siswa kelas IV dan V SD Nahdlatul Ulama
Yogyakarta Tahun Ajaran 2017-2018. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar
kemampuan motorik siswa kelas IV dan V SD Nahdlatul Ulama Yogyakarta Tahun Ajaran 2017-2018.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survei dalam bentuk
tes dan pengukuran. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV dan V SD Nahdlatul Ulama Yogyakarta
Tahun Ajaran 2017-2018, yang berjumlah 70 siswa (36 siswa putra dan 34 siswa putri). Instrumen yang
digunakan adalah motor ability test dari Nurhasan, (2004: 6.6) yang tesnya terdiri dari: tes shuttle-run 4
x 10 meter, tes lempar tangkap bola jarak 1 meter dengan tembok, tes stork stand positional balance,
tes lari cepat 30 meter.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan
persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik siswa kelas IV dan V SD Nahdlatul
Ulama Yogyakarta Tahun Ajaran 2017-2018 sebagian besar berkategori sedang. Sedangkan antara kelas
IV dan V tidak ada perbedaan yang signifikan.
Kata kunci: kemampuan motorik, SD Nahdlatul Ulama Yogyakarta

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.