PERBEDAAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR KOMANDO DAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 PURWOREJO

Ridwan Arifin, Sujarwo .

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Perbedaan
keterampilan Passing Bawah  Bola Voli Menggunakan Gaya Mengajar Komando
dan Gaya Mengajar Resiprokal Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Purworejo.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode yang digunakan adalah
pendekatan pre-experimental designs dengan bentuk Intact Group Comparison,
dengan instrumen berupa tes keterampilan bola voli usia 13-15 tahun Depdiknas
1999 dengan nilai validitas 0.733, sedangkan nilai reliabilitas 0.758 (Depdiknas,
1999: 3). Analisis data menggunakan uji-t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian
menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan passing bawah bola voli
menggunakan gaya mengajar komando dan gaya mengajar resiprokal pada siswa
kelas VII SMP Negeri 18 Purworejo dengan thitung sebesar 1.294 dan signifikansi
0.000 < 0.05. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada perbedaan
keterampilan passing bawah bola voli menggunakan gaya mengajar komando dan
gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas VII SMP Negeri 18 Purworejo. Gaya
komando lebih baik meningkatkan keterampilan passing bawah siswa daripada
gaya mengajar resiprokal.

Kata kunci: komando, resiprokal, passing



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.