PERBEDAAN UMPAN BALIK VERBAL DENGAN UMPAN BALIK VIDEO PADA PEMBELAJARAN TEKNIK MELUNCUR RENANG GAYA CRAWL KELAS X SMK YPKK 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Rian Satria Almi, Abdul Mahfudin Alim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan umpan balik verbal dan umpan
balik video. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif dengan metode tes. Teknik pengambilan
data menggunakan tes akhir pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan dengan materi
meluncur renang gaya crawl. Teknik analisis data menggunakan analisis uji Kruskal Wallis, melalui uji prasyarat
analisis uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji Kruskal Wallis diperoleh nilai signifikan adalah 0.852, karena
signifikan > 0.05 maka Ho diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar antara siswa
yang diberikan umpan balik verbal maupun umpan balik video. Pada Mean Rank dapat diketahui bahwa peringkat
rata-rata hasil belajar kelomok umpan balik verbal 19.18. sedangkan umpan balik video 19.82, jadi dapat dikatakan
peringkat kelompok umpan balik video lebih tinggi dari pada umpan balik verbal.

Kata Kunci : Umpan balik verbal, umpan balik video, renang, gaya crawl

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.