UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS V SD SEROPAN DLINGO BANTUL

Nurul Fatul Janah, Sridadi .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran passing bawah bola voli
melalui metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas V SD Seropan Dlingo Bantul.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, tiap
siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas V. Instrumen yang
digunakan untuk pengambilan data adalah lembar penilaian passing bawah, lembar observasi
untuk siswa dan lembar observasi untuk guru. Berdasarkan hasil observasi, pembahasan dan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran passing bawah melalui metode
pembelajaran kooperatif pada siswa kelas V SD Seropan  selama 2 siklus dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan hasil belajar siswa dari 20 siswa pada kondisi
awal jumlah siswa yang mencapai nilai KKM 75 hanya 4 sampai 6, dan pada siklus I meningkat
menjadi 10 sampai 14  siswa, kemudian pada siklus II, meningkat menjadi 17 sampai 18 siswa
yang mencapai nilai KKM 75 bahkan lebih. Sehingga ketuntasan klasikal dalam kelas tersebut
sudah lebih dari 75% siswa yang tuntas belajar.
Kata Kunci: metode pembelajaran kooperatif, passing bawah, bola voli

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.