SURVEI MODEL EVALUASI RANAH PSIKOMOTOR PADA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI SE KOTA YOGYAKARTA

Nofrizal Beje Purwoto

Abstract


ABSTRAK Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Model Evaluasi Ranah Psikomotor pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri Se Kota Yogyakarta. Sebuah penilaian sebagai bentuk nyata proses pembelajaran, dan diharapkan nilai yang diperoleh sebagai gambaran hasil dari usaha siswa selama mengikuti pelajaran pendidikan jasmani Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani SMP Negeri se Kota Yogyakarta yang berjumlah 16 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket dengan nilai validitas sebesar 0,842 dan reliabilitas sebesar 0,917. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif dengan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian survei model evaluasi ranah psikomotor pada pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri Se Kota Yogyakarta menyatakan berkategori sangat baik sebesar 6,25 % kategori baik sebesar 18,75 %, berkategori cukup sebesar 37,5 %, berkategoir kurang sebesar 31,25 % dan kategori kurang sekali 6,25 %. Dengan demikian dapat disimpulkan survei model evaluasi ranah psikomotor pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri Se Kota Yogyakarta cukup baik. Kata kunci: model evaluasi, ranah psikomotor, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan THE SURVEY OF PSYCHOMOTOR DOMAIN EVALUATION MODEL IN SPORTS PHYSICAL AND HEALTH EDUCATION IN STATE JUNIOR HIGH SCHOOL (SMP) NEGERI OF YOGYAKARTA CITY-WIDE ABSTRACT This research was aimed to know the model of psychomotor domain evaluation in lesson of Sports Physical and Health Education in State Junior High School (SMP Negeri) of Yogyakarta City-wide. An assessment as a real form of learning process and is expected value obtained as a result image of students’ efforts during attending physical education lesson.. This was a descriptive research by a survey method. The research population was physical educational teachers of SMP Negeri of Yogyakarta City-wide numbered 16. This research instrument used a questionnaire with validity value of 0.842 and reliability of 0.917. Data analysis used in this research was descriptive statistical technique by a percentage formula. Based on the research results of psychomotor domain evaluation model in sports physical and health education in SMP Negeri of Yogyakarta City-wide declared in excellent category was 6.25%, good category of 18.75%, sufficient category of 37.5%, insufficient category of 31.25% and very insufficient of 6.25%. Therefore, it could be concluded that survey of psychomotor domain evaluation model in sports physical and health education subject in SMP Negeri of Yogyakarta City-wide was sufficiently good. Keywords: evaluation model, psychomotor domain, sports physical and health education

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.