FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN KHUSUSNYA SISWA SMA ATAU SMK DIY DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN KOLAM RENANG UNY YOGYAKARTA

Jamari _

Abstract


Abstrak Kolam renang FIK UNY banyak diminati oleh para pengunjung terutama anak sekolah. Untuk mengetahui kepuasan konsumen dalam mengunakan layanan kolam renang dalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen khususnya siswa SMA/SMK DIY dalam menggunakan layanan kolam renang UNY. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Instrumen yang digunakan adalah angket (kuesioner) dengan validitas 0,441 dan reliabilitas 0,956,yang telah diuji coba kepada responden sebanyak 15 anak, dalamSubjek penelitian ini adalah siswa SMA/SMK DIY yang menggunakan layanan kolam renang UNY sebanyak 55 anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam peneitian ini adalah deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui kepuasan konsumen khususnya siswa SMA Atau SMK DIY dalam menggunakan layanan kolam renang UNY dalam bentuk bentuk diagram lingkaran sebagian besar pada kategori keandalan sebesar 19,95 %, ketanggapan 20,01 %, keyakinan 20,29 %, empati 19,61%, berwujud 20,14 %, dan pada kategori baik dengan persentase sebesar 36,36 %, pada ketegori cukup baik sebesar 29,0 9 %, pada kategori kurang sebesar 27,27 %, pada kategori sangat sangat kurang sebesar 5,45 % dan kategori sangat baik sebesar 1,81 %. Kata kunci:Kepuasan Konsumen, Khususnya Siswa SMA/SMK, Layanan Kolam Renang FACTORS THAT INFLUENCE CUSTOMER SATISFACTION ESPECIALLY YOGYAKARTA HIGHSCHOOL STUDENTS AND VOCATIONAL HIGHSCHOOL STUDENTS IN USING UNY SWIMMING POOL SERVICE By : Jamari Faculty Of Sport Sciences, Yogyakarta State University jamariamaterasu@gmail.com Abstract FIK UNY swimming pool attracted many visitors especially students. This research aims to know factors that influence customer satisfaction especially Yogyakarta high school and vocational high school students in using UNY swimming pool service. This research is qualitative descriptive research with using survey methods. Instrument that used in this research is questionnaire with validity 0,441 and reliability 0,956, which has been tested to 15 respondents. The subject in this research is Yogyakarta high school and vocational high school students that are using UNY swimming pool service as many as 55 students. Data analysis technique used in this research is descriptive percentage technique. Based on research result and explanation noted that customer satisfaction especially Yogyakarta high school and vocational high school students in using UNY swimming pool service which are represented in form of pie chart mostly on category reliability of 19,95%, responsiveness 20,01%, confidence 20,29%, empathy 19,61%, tangible 20,14%, and on good category with percentage of 36,36%, in the category of good enough amount 29,09%, in the less good category of 27,27%, in very bad category of 5,45%, and on a very good category of 1,81%. Keywords : customer satisfaction, Yogyakarta high school and vocational high school students, swimming pool service

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.