“RUMAHKU LABORATORIUM KIMIAKU”, BUKU EKSPERIMEN KIMIA DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI SEBAGAI PENERAPAN KONSEP MATERI KIMIA DI SMA

Yohanes Dedi Kurniawan, Cornelia Budimarwanti

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan buku pedoman guru yang berisikan eksperimen kimia di kehidupan sehari-hari dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian 5 guru SMA. Dalam pengembangan buku eksperimen kimia peneliti menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari 4 tahap, yaitu analisis, perencanaan, pengembangan dan implementasi. Buku eksperimen kimia yang telah dibuat kemudian divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli media, ahli materi dan pembelajaran kimia. Kemudian produk dinilai oleh 5 guru kimia SMA sebagai reviewerKualitas buku eksperimen kimia dapat diketahui melalui penilaian lima guru kimia SMA yang ditinjau dari aspek isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian, efek media terhadap strategi pembelajaran dan tampilan. Buku eksperimen kimia yang dikembangkan mendapat skor rata-rata 4,14 dari skor maksimal ideal 5 dengan kategori baik (B).

Full Text:

PDF

References


Afandi, Muhamad dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press.

Amzy, Moh khaerul. (2018). The Development Of Chemistry Teaching Materials In The Form Of HandoutsBased (PBL)In Class XI IPA Madrasah Aliyah (Ma) Kediri District, IOSR Journal of Research & Method in Education.Vol 8, Issue 3 Ver. III, PP 71-73.

Amzi, Putri Aulia Ulul. (2016). Pengembangan Teacher’s guide book Berbasis Kontekstual untuk Materi Reaksi Reduksi-Oksidasi. Sripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, FMIPA UNY.

Anggraeni, Nurul. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Cs5 Untuk Smk Kelas Xi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Pada Kompetensi Dasar Menguraikan Sistem Informasi Manajemen. Sripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, FMIPA UNY.

Azizah,U dan H. Nasrudin. (2018). Development of chemistry instructional materials based on Cooperative Group Investigation (CGI) to empower thinking skills. Journal of Physics: Conference Series 1108 (2018) 012122.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Instrumen Penilaian Tahap II Buku Teks Pelajaran SMP/MTS Dan SMA/MA. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Chonkaew, Patcharee. (2016). Development of Analytical Thinking Ability and Attitudes Towards Science Learning of Grade-11 Students Through Science Technology Engineering and Mathematics (STEM Education) in the Study of Stoichiometry. Chem. Educ. Res. Pract., 2016, 17, 842—861.

Febriana, Beta Wulan dan Widinda Normalia. (2018). Development of A Reference Handbook Based on Contextual Teaching Learning In Curriculum Studies Course. International Journal of Chemistry Education Research. Vol. 2.

Johnstone, A.H. (2000). Teaching of Chemistry - Logical Or Psychological? Chemistry Education: Research and Practice In Europe. 1(1). 9-15.

Joyce. B, Weil & Calhoun. E. (2009). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Listiyani, Indriana Mei. (2012). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi Untuk Siswa Sma Kelas XI. Sripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Akuntansi, FMIPA UNY.

Mulyatiningsing, Endang. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press

Nana Syaodih Sukmadinata. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor tentang Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (Lampiran).

Permana, Lis dan Sukisman Purtadi. (2009). Implementation of Integrated Chemistry Practical as a Model For PBL. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Edisi II tahun XIV.

Shoimin, Aris. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sujadna, Nana. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sumantri Mulyani. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Anggota IKPI

Supriyadi, Dedi. (2000). Anatomi Buku Sekolah di Indonesia. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Sofyan, Hermonarto dan Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. vol 6, No 3 (260-271)

Taniredja, H. Tukiran, dkk. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: ALFABETA.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widiyatmoko, Arif. (2016). Preparation Model of Student Teacher Candidate in Developing Integrative Science Learning. Journal of Education and Human Development, Vol. 5, No. 2, pp. 169-177.

Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuberti. (2014). "Penelitian dan Pengembangan" yang Belum Diminati dan Perspektifnya. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 3, No 2.

Zidny, Robby, dkk. (2019). Simple and Low-Cost Chemical Experiment Kits to Observe the Concept of Gas Laws. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, Vol. 5, No. 1, 2019, p. 16-25.




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v8i2.20631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia