PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) KIMIA KELAS XI SMA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SESUAI KURIKULUM MERDEKA

Essa Rahma Nadhifa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan LKPD kimia kelas XI SMA berbasis PBL sesuai kurikulum merdeka berdasarkan penilaian guru, serta respon dan keterbacaan LKPD berdasarkan respon peserta didik. Pengembangan LKPD dilakukan dengan model 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (desain), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket terbuka, lembar tinjauan peer reviewer, lembar validasi ahli pembelajaran kimia, angket kelayakan guru, dan angket respon dan keterbacaan peserta didik. Uji kelayakan LKPD dilakukan oleh 5 guru kimia SMA serta uji respon dan keterbacaan dilakukan oleh 24 siswa kelas XI MIPA. Hasil pengembangan berupa buku cetak dengan sintaks model pembelajaran PBL yang terdiri dari sembilan kegiatan belajar pada lima materi kimia meliputi perhitungan kimia, ikatan kimia, termokimia, laju reaksi dan kesetimbangan kimia. Uji kelayakan menunjukkan skor rata-rata sebesar 92 dari 105 dan persentase ideal 87,6% termasuk dalam kategori “sangat baik”. Adapun hasil uji respon dan keterbacaan siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 67 dari 75 dan persentase ideal sebesar 89% termasuk dalam kategori “sangat baik”.


Full Text:

PDF

References


Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90- 114.

Gewurtz, R., Coman, L., Dhillon, S., & Jung , B. (2016). Problem-Based Learning and Theories of Teaching and Learning in Health Professional Education. Journal of Perspectives in Applied Academic Practice, 4(1), 59-70.

Mesterjon, Suwarni, & Selviani, D. (2020). Project-Based Learning Model to Increase Results and Student Activities. Technium Social Sciences Journal, 9, 114-118.

Saraswati, D., Sandrian, D., Nazulfah, I., Abida, N., Azmina, N., Indriyani, R., et al. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 185-191.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Sunaringtyas, K., Saputro , S., & Masykuri, M. (2015). Pengembangan Modul Kimia

Berbasis Masalah Pada Materi Konsep Mol Kelas X SMA/MA Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Inkuiri, 4(2), 36-46.

Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Trianah, Y. (2020). Keefektifan Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMK Negeri Tugumulyo. Jurnal Perspektif Pendidikan, 14(1), 58-66.

Widoyoko, E. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia