PENGEMBANGAN PENILAIAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATERI STOIKIOMETRI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA
Das Salirawati, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) mengetahui langkahlangkah
mengembangkan penilaian pembelajaran e-learning berbasis Moodle; (2) menentukan kualitas
penilaian pembelajaran e-learning berbasis Moodle berdasarkann penilaian lima guru SMA/MA di Kota
Yogyakarta dan peserta didik yang dikenai ujicoba. Penelitian ini dilakukan menggunakan model
pengembangan ADDIE. Tahap implementasi dilakukan secara terbatas kepada 10 peserta didik dari lima
SMA/MA. Produk awal penilaian pembelajaran e-learning dinilai oleh ahli materi, ahli media, dan peer
reviewer untuk memperoleh masukan/saran sebagai pertimbangan untuk melakukan revisi I. Produk Hasil
revisi I kemudian dinilaikan kepada lima guru kimia SMA/MA sebagai reviewer dan 10 peserta didik
sebagai target ujicoba. Hasil penilaian dari reviewer dan peserta didik kemudian dianalisis dan dilakukan
revisi II berdasarkan masukan/saran yang diberikan reviewer dan peserta didik, sehingga diperoleh
produk akhir.Hasil penelitian pengembangan ini berupa penilaian pembelajaran e-learning berbasis
Moodle pada materi Stoikiometri untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Berdasarkan penilaian reviewer
diperoleh skor rata-rata 129,4 sebesar dari skor maksimal 150 dengan persentase keidealan 86,7%,
termasuk dalam kriteria Sangat Baik (SB). Berdasarkan penilaian dari 10 peserta didik yang dikenai
ujicoba diperoleh skor rata-rata 97,9 dari skor maksimal 110 dengan persentase keidealan 89%,
termasukdalam kriteria Sangat Baik (SB). Dengan demikian, penilaian pembelajaran e-learning berbasis
Moodle layak digunakan sebagai sarana untuk melakukan penilaian terhadap peserta didik secara online
dan sarana belajar peserta didik pada materi Stoikiometri kelas X SMA/MA
.
Kata Kunci: penilaian pembelajaran, e-learning, Moodle
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) mengetahui langkahlangkah
mengembangkan penilaian pembelajaran e-learning berbasis Moodle; (2) menentukan kualitas
penilaian pembelajaran e-learning berbasis Moodle berdasarkann penilaian lima guru SMA/MA di Kota
Yogyakarta dan peserta didik yang dikenai ujicoba. Penelitian ini dilakukan menggunakan model
pengembangan ADDIE. Tahap implementasi dilakukan secara terbatas kepada 10 peserta didik dari lima
SMA/MA. Produk awal penilaian pembelajaran e-learning dinilai oleh ahli materi, ahli media, dan peer
reviewer untuk memperoleh masukan/saran sebagai pertimbangan untuk melakukan revisi I. Produk Hasil
revisi I kemudian dinilaikan kepada lima guru kimia SMA/MA sebagai reviewer dan 10 peserta didik
sebagai target ujicoba. Hasil penilaian dari reviewer dan peserta didik kemudian dianalisis dan dilakukan
revisi II berdasarkan masukan/saran yang diberikan reviewer dan peserta didik, sehingga diperoleh
produk akhir.Hasil penelitian pengembangan ini berupa penilaian pembelajaran e-learning berbasis
Moodle pada materi Stoikiometri untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Berdasarkan penilaian reviewer
diperoleh skor rata-rata 129,4 sebesar dari skor maksimal 150 dengan persentase keidealan 86,7%,
termasuk dalam kriteria Sangat Baik (SB). Berdasarkan penilaian dari 10 peserta didik yang dikenai
ujicoba diperoleh skor rata-rata 97,9 dari skor maksimal 110 dengan persentase keidealan 89%,
termasukdalam kriteria Sangat Baik (SB). Dengan demikian, penilaian pembelajaran e-learning berbasis
Moodle layak digunakan sebagai sarana untuk melakukan penilaian terhadap peserta didik secara online
dan sarana belajar peserta didik pada materi Stoikiometri kelas X SMA/MA
.
Kata Kunci: penilaian pembelajaran, e-learning, Moodle
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v7i1.13359
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia