KOMPARASI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CORE DAN STAD DITINJAU DARI KEMAMPUAN KONEKSI DAN PENALARAN MATEMATIS

Herlingga Putuwita Nanmumpuni Putuwita Nanmumpuni, Endang Listyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi efektivitas model pembelajaran
Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) dan Student Team Achievement Division
(STAD) ditinjau dari kemampuan koneksi dan penalaran matematis siswa kelas VII SMP. Jenis
penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest posttest group design. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Salam yang terdiri dari 6 kelas. Sampel
penelitian yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen 2.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan: (1) model CORE efektif
ditinjau dari kemampuan koneksi matematis, (2) model CORE efektif ditinjau dari kemampuan
penalaran matematis, (3) model STAD efektif ditinjau dari kemampuan koneksi matematis, (4) model
STAD efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis, (5) model CORE lebih efektif daripada
model STAD ditinjau dari kemampuan koneksi matematis, (6) model CORE sama efektif
dibandingkan dengan model STAD ditinjau dari kemampuan penalaran matematis.
Kata kunci: model pembelajaran CORE, model pembelajaran STAD, kemampuan koneksi matematis,
kemampuan penalaran matematis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i6.7840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia