PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN INQUIRY PADA MATERI TURUNAN FUNGSI TRIGONOMETRI UNTUK KELAS XI

Fauzul Muna Afani, Rosnawati .

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis pendekatan inquiry
pada materi turunan fungsi trigonometri untuk kelas XI IPA yang memiliki kualifikasi yang baik. LKS
yang baik dinilai dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan LKS. Penelitian yang digunakan
adalah jenis penelitian pengembangan dengan mengikuti tahap-tahap ADDIE yang terdiri dari 5 tahap
yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi
(implementation) dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA
Negeri 3, uji coba dilakukan kepada kelas XI IPA 2 yang berjumlah 33 siswa. LKS yang
dikembangkan diawali dengan masalah yang dapat menfasilitasi agar siswa dapat merumuskan
masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dan menguji hipotesis, dan yang terakhir
menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan LKS yang dikembangkan valid dengan perolehan ratarata
penilaian yaitu 3,15 , LKS praktis dengan rata-rata penilaian yaitu 3,20, LKS efektif dilihat dari
persentase ketuntasan belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar 70%.
Kata kunci: LKS, inquiry, turunan fungsi trigonometri

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i5.7804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia