KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Mifta Tyas Laksita Sari, Endang Listyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model Problem Based Learning
ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP
pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain pretest-posttest
control group design. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Kretek tahun 2016/2017.
Sampel penelitian dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling, kelas VIII D sebagai
kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pembelajaran matematika dengan: 1) model Problem Based Learning efektif ditinjau dari kemampuan
berpikir kritis siswa, 2) model Problem Based Learning efektif ditinjau dari kemampuan kemampuan
komunikasi matematis siswa, 3) model ekspositori tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis
siswa, 4) model ekspositori tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.
Kata kunci: Problem Based Learning¸berpikir kritis, komunikasi matematis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i5.7803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia