EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK DITINJAU DARI KEYAKINAN SISWA TERHADAP MATEMATIKA DAN PRESTASI BELAJAR

Febrina Rizki Dwiyana, Djamilah Bondan Widjajanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk ditinjau dari: (1) keyakinan siswa terhadap matematika; dan (2) prestasi belajar siswa. Pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk adalah pembelajaran yang memanfaatkan kecerdasan siswa untuk membantu pembelajaran secara optimal. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 6 Yogyakarta dan sampelnya adalah kelas VII-F yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan adalah angket keyakinan siswa terhadap matematika dan soal pretest-posttest. Pembelajaran dikatakan efektif jika: (1) rata-rata skor keyakinan akhir lebih dari rata-rata skor keyakinan awal dan rata-rata skor keyakinan akhir minimal mencapai kategori tinggi; dan (2) rata-rata nilai posttest lebih dari rata-rata nilai pretest dan proporsi siswa yang memperoleh nilai minimal kategori baik lebih dari
. Berdasarkan uji hipotesis dengan taraf signifikansi
menunjukan bahwa pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk efektif ditinjau dari: (1) keyakinan siswa terhadap matematika; dan (2) prestasi belajar siswa.
Kata kunci: efektivitas pembelajaran, kecerdasan majemuk, keyakinan siswa terhadap matematika, prestasi belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i5.7799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia