PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Jeni Dwi Prasetyo, Heri Retnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan pembelajaran berbasis
masalah pada materi aritmetika sosial untuk siswa SMP kelas VII.Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan),
Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 8 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
penilaian RPP dan LKS oleh dosen ahli untuk mengukur kevalidan, angket respon guru terhadap RPP dan LKS
serta angket respon siswa terhadap LKS untuk mengukur kepraktisan, dan lembar observasi keterlaksanaan
pembelajaran serta tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan. Hasil penelitian pengembagan ini telah didapatkan
karakteristik perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pada materi aritmetika sosial untuk siswa SMP
kelas VI, serta menunjukkan bahwa: (1) RPP yang dikembangkan dinyatakan valid, mendapatkan rata-rata skor tiap
butir 3,80 dan rata-rata skor tiap aspek 3,88 dengan klasifikasi baik. Sedangkan LKS yang dikembangkan
dinyatakan valid, mendapatkan rata-rata skor tiap butir 3,74 dan rata-rata skor tiap aspek 3,75 dengan klasifikasi
baik (2) RPP dan LKS dinyatakan praktis, mendapatkan rata-rata skor tiap butir dan tiap aspek 4,89 dengan
klasifikasi sangat baik melalui angket respon guru terhadap RPP dan mendapatkan rata-rata skor tiap butir 4,73 dan
tiap aspek 4,75 dengan klasifikasi sangat baik melalui angket respon guru terhadap LKS, serta mendapatkan ratarata
skor tiap butir 4,07 dan tiap aspek 3,97 dengan klasifikasi baik melalui angket respon siswa (3) RPP dan LKS
dinyatakan efektif, mendapatkan persentase keterlaksanaan pembelajaran keseluruhan adalah 94,1% dengan
klasifikasi sangat baik serta persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 100% sehingga diklasifikasikan sangat
baik.
Kata kunci: RPP, LKS, Pembelajaran Berbasis Masalah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i5.7795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia