KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN CONTOH TERAPAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATHEMATICS WORD PROBLEM SISWA SMP

Nur Dwi Laili Kurniawati, Jailani .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model problem based learning dengan contoh
terapan  dan  model  saintifik  ditinjau  dari  kemampuan  pemecahan  masalah  serta mendeskripsikan pembelajaran
yang lebih efektif di antara keduanya. Penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest control
group. Sampel penelitian adalah 68 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cepiring yang terbagi menjadi 34 siswa dalam
kelas eksperimen dan 34 siswa dalam kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji-t dengan
α=5%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata dan varians posttest kelas eksperimen 81,76 dan 66,13, sedangkan
kelas  kontrol  77,77  dan  59,38.  Hasil  uji  hipotesis  menunjukkan  bahwa  model problem  based  learning dengan
contoh  terapan  dan  model  saintifik  efektif  ditinjau  dari  kemampuan  pemecahan  masalah mathematics  word
problem,  serta  model problem  based  learning dengan  contoh  terapan  lebih  efektif dibandingkan  dengan  model
saintifik.
Kata kunci: problem based learning, contoh terapan, pemecahan masalah mathematics word problem

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i4.6977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia