PENGEMBANGAN PERMAINAN MULTIMEDIA INTERAKTIF POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Silfia Yulianis Silfia Yulianis, Bambang Sumarno H. M. Bambang Sumarno H. M.

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran untuk materi segiempat dan
segitiga berbentuk permainan multimedia interaktif. Media pembelajaran dideskripsikan karakteristiknya dan
ditinjau kelayakannya dari hasil evaluasi media oleh guru, respon siswa, dan hasil tes belajar. Model
pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa media layak digunakan dengan hasil evaluasi oleh guru sebesar 97,62%
untuk kualitas isi dan tujuan, 90,28% untuk kualitas instruksional, dan 91,52% untuk kualitas teknis, yang masingmasing termasuk dalam kategori kelayakan sangat baik. Skor respon siswa terhadap media yang dikembangkan
sebesar 89,31% yang termasuk dalam kategori sangat positif dan hasil tes menunjukkan bahwa ketuntasan belajar
mencapai 81,8%. Media pembelajaran yang dikembangkan memiliki karakteristik berikut: (1) kelengkapan
komponen media pembelajaran, (2) kejelasan tujuan pembelajaran, (3) ketepatan dan kebenaran materi, (4)
kemudahan penggunaan media, (5) ketersediaan evaluasi, (6) kualitas tampilan media, (7) terpenuhinya komponen
permainan, dan (8) bersifat interaktif.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i2.687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia