PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS VII SLB NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Elfrida Noviana Dewi, Murdanu .

Abstract


Penelitian  ini  merupakan  penelitian  pengembangan  yang  bertujuan  untuk  mengembangkan  alat  peraga
berupa untaian manik-manik kayu untuk membelajarkan materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) bagi anak
tunarungu kelas VII SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas alat peraga yang
dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini dilakukan
dengan  6  tahap  kegiatan,  yaitu Analysis  (Nature  of  Analysis  Activities),  Design  (The  Shaping  of  The  Solution),
Design (Media Selection), Design (Starting from Target Group Instead Subject of Matter), Evaluation (The Use of
Formative Evaluation) dan Implementation. Subjek penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas VII SLB Negeri 1
Bantul tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 8 orang. Data penelitian ini meliputi data kualitatif dan data kuantitatif.
Pengumpulan  data  tersebut  dilakukan  selama  3  bulan.  Instrumen  penelitian  yang  digunakan  adalah  lembar
penilaian  alat  peraga,  lembar  observasi,  lembar  latihan,  pedoman  wawancara,  dan  soal  tes.  Penelitian  ini
memperoleh hasil sebagai berikut: (1) alat peraga untaian manik-manik kayu yang dikembangkan dinyatakan valid
sebagai alat bantu belajar bagi siswa tunarungu dalam mempelajari kelipatan suatu bilangan, kelipatan persekutuan
dua  bilangan,  dan  KPK  dari  dua  bilangan  dengan  mengubah  jenis  manik-manik  menjadi  manik-manik  atom
berdasarkan penilaian dari 5 guru Matematika SLB Negeri 1 Bantul yang memperoleh persentase rata-rata 100%
dengan  kriteria  sangat  baik;  (2)  alat  peraga  yang  dikembangkan  memenuhi  aspek  praktis  karena  memperoleh
persentase sebesar 86,13% dengan kriteria sangat baik; (3) alat peraga yang dikembangkan memenuhi aspek efektif
karena ketuntasan klasikal siswa pada materi KPK memperoleh persentase sebesar 78,57% dengan kriteria baik,
sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pemenuhan aspek valid, praktis, dan efektif tersebut menjadikan alat
peraga untaian manik-manik atom dapat digunakan dengan baik dalam pembelajaran.
Kata kunci: alat peraga, kelipatan persekutuan terkecil, anak tunarungu

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i3.6661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia