ANALISIS PERSIAPAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 CANGKRINGAN DALAM MENGHADAPI TES HASIL BELAJAR PELAJARAN MATEMATIKA

Fanny Nur Saadah, Murdanu .

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menjelaskan  hasil  analisis  persiapan  siswa  kelas  XI  IPS  SMA
Negeri  1  Cangkringan  dalam  menghadapi  tes  hasil  belajar  pelajaran  matematika. Penelitian  ini  adalah
penelitian  deskriptif  dengan  metode  kualitatif. Dalam penelitian  ini,  ditetapkan  12 siswa kelas  XI  IPS
SMA  Negeri  1  Cangkringan  sebagai  sampel  penelitian/narasumber.  Data  mengenai  persiapan  siswa
menghadapi  tes  hasil  belajar  pelajaran  matematika  dikumpulkan  dengan  teknik  wawancara,  observasi,
dokumentasi,  dan  triangulasi.  Analisis  data  dilakukan  dengan  deskriptif  kualitatif.  Ada  dua  aspek
persiapan yang diteliti, yaitu aspek persiapan mental dan intelektual siswa. Hasil penelitian berdasarkan
indikator  persiapan  mental  siswa  adalah  (a)  siswa  kurang  berminat  terhadap  pelajaran  matematika;  (b)
siswa belum mengetahui tujuan dan kebutuhan belajar matematika. Hasil penelitian berdasarkan indikator
intelektual siswa adalah (a) siswa tidak mempersiapkan diri sebelum belajar matematika; (b) siswa belum
mengetahui  tujuan  belajar  matematika;  (c)  siswa  tidak  ingat  dari  ingatan  jangka  panjang  yang  terkait
dengan  materi  pelajaran  matematika  yang  sedang  dipelajari;  (d)  siswa  tidak  mengamati  unsur-unsur
perangsang  yang  sesuai  dengan  materi  pelajaran  matematika  yang  sedang  dipelajari;  (e)  siswa  belum
mampu mengolah dan menghubungkan informasi di STM (Short Term Memory) menjadi bermakna pada
pola perseptual LTM (Long Term Memory); (f) siswa belum membuktikan melalui suatu prestasi kepada
guru  dan  diri  sendiri  bahwa  materi  pelajaran  matematika  telah  dikuasai  serta  memberi  indikasi  bahwa
tujuan belajar matematika pada dasarnya  belum tercapai;  (g) siswa mendapat penguatan  (umpan  balik)
dari guru apabila prestasinya tepat dan mendapat koreksi apabila prestasinya belum tepat; serta (h) siswa
mengerjakan  tugas  tetapi  tidak  mengulang-ulang  kembali  materi  pelajaran  matematika  yang  sedang
dipelajari untuk memantabkan hasil belajar.
Kata kunci: analisis, persiapan siswa, tes hasil belajar pelajaran matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i2.5982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia