DEVELOPMENT OF TEACHING LEARNING MATERIAL TRIGONOMETRY APPROACH GUIDED DISCOVERY FOR SENIOR HIGH SCHOOL GRADE X SEMESTER II

Alissa Rahmani Putri, Marsigit .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS trigonometri
dengan  pendekatan  penemuan  terbimbing  untuk  siswa  SMA  kelas  X  semester  II.  Kualitas  perangkat
pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari tiga aspek kualitas yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang
meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini menghasilkan perangkat
pembelajaran berupa RPP, dan LKS. Penilaian kevalidan RPP mendapat skor rata-rata 160,5 dengan kualifikasi
valid. Penilaian kevalidan LKS mendapat skor rata-rata 229 dengan kualifikasi valid. Hasil analisis data angket
penilaian  kepraktisan  menunjukkan  bahwa  perangkat  pembelajaran  praktis  dengan  rata-rata  78,23.  Hasil
observasi  keterlaksanaan  pembelajaran  menunjukkan  klasifikasi  sangat  baik  dengan  persentase  rata-rata
mencapai  86,4%.  Hasil  penilaian  tes  hasil  belajar  siswa  didapat  persentase  ketuntasan  belajar  klasikal  sebesar
90% dengan kriteria sangat baik sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan efektif.
Kata kunci : perangkat pembelajaran, penemuan terbimbing, trigonometri

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i2.5981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia