PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK SMP KELAS VII MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING

Kartina Purnamasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual
dan model pembelajaran probing prompting pada materi segitiga dan segi empat untuk SMP kelas VII yang valid,
praktis,  dan  efektif.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  pengembangan  dengan  model  pengembangan  ADDIE.
Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKS, angket respons siswa, angket respon guru,
lembar  observasi,  dan  tes  hasil  belajar.   Kualitas  perangkat  pembelajaran  adalah  1)  RPP  valid  dengan  skor  4,2
dengan kriteria baik, 2) LKS valid dengan skor 4,4 dengan kriteria sangat baik, 3)perangkat pembelajaran praktis
berdasarkan skor angket respons siswa 3,5 dengan kriteria baik, berdasarkan skor angket respons guru 3,2 dengan
kriteria  baik,  dan  berdasarkan  persentase  hasil  observasi  84,38  %  dengan  kriteria  sangat  baik,  4)perangkat
pembelajaran efektif berdasarkan persentase ketuntasan siswa 80% dengan kriteria baik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i1.5969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia