PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP/MTs

Idza Nudia Linnusky, Ariyadi Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS dengan
pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP/MTs
yang memenuhi kualifikasi valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
dengan  model  ADDIE,  meliputi  5  tahap  yaitu  analisis,  desain,  pengembangan,  implementasi,  dan
evaluasi.  Instrumen  penelitian  yang  digunakan  meliputi  instrumen  kevalidan,  kepraktisan,  dan
keefektifan.  Instrumen  kevalidan meliputi lembar  penilaian RPP  dan  lembar  penilaian  LKS.  Instrumen
kepraktisan  meliputi  angket  respon  siswa,  angket  respon  guru,  dan  lembar  observasi  keterlaksanaan
pembelajaran.  Instrumen  keefektifan  yaitu  tes  hasil  belajar. Hasil  penelitian  menunjukkan  perangkat
pembelajaran memenuhi kriteria (1) valid dengan rata-rata skor untuk RPP 4,4 dan rata-rata skor untuk
LKS 4,28 dari skor maksimal 5, (2) praktis dengan rata-rata skor angket respon siswa 4,00 dan rata-rata
skor angket respon guru 4,28 dari skor maksimal 5, serta rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 94, 96%,
dan (3) efektif dengan ketuntasan tes hasil belajar 81,25%.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i1.5967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia