KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SEGIEMPAT DENGAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI (INQUIRY LEARNING) DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP

Ummu Hajar Dwi Jayanti, Djamilah Bondan Wijajanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan metode pembelajaran inkuiri dalam pendekatan saintifik ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa dengan menggunakan penelitian quasi experiment. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest Posttest Design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Yogyakarta dengan populasi seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi tersebut dipilih satu kelas secara acak sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar (𝑟11 = 0,751) dan angket kepercayaan diri (𝑟11 = 0,857). Data penelitian dianalis menggunakan statistik uji-t dan statistik uji-z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) metode pembelajaran inkuiri dalam pendekatan saintifik efektif ditinjau dari prestasi belajar; (2) metode pembelajaran inkuiri dalam pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kepercayaan diri.  
Kata kunci: Inkuiri, Saintifik, Prestasi Belajar, Percaya Diri

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i8.4592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia