KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII PADA PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED

Arlina Lili Fatimah, Jailani .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan open-ended dalam setting pembelajaran learning cycle 7e ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis dengan menggunakan penelitian quasi experiment. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest post-test nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di SMP N 2 Tempel dengan populasi seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi tersebut dipilih dua kelas secara acak sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk pengumpulan data digunakan tes berpikir kreatif dan lembar observasi pembelajaran. Data penelitian dianalis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan open-ended dalam setting learning cycle 7e efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis;  2) pembelajaran ekpositori efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis; 3) pendekatan open-ended dalam setting learning cycle 7e lebih efektif dari pendekatan ekspositori ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis.  
Kata kunci: Open-ended, Learning Cycle 7e, Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i7.4585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia