PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Ermitasari ., Kuswari Hernawati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan konteksual pada materi garis dan sudut, 2) mengetahui kualitas media dan 3) mengetahui respon siswa terhadap media. Penelitian ini menghasilkan produk berupa CD pembelajaran matematika pada materi garis dan sudut untuk siswa SMP. Langkah pengembangan media ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan  Evaluation). Subyek uji coba penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII dan 4 guru matematika di SMP N 1 Minggir. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: (1) media pembelajaran dengan lima tahap pengembangan media, (2) kualitas media pembelajaran interaktif mencapai kualitas “Baik”, dan (3) respon siswa terhadap media “Baik” dengan skor rata- rata 4,7 dan respon guru “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,5.   
Kata kunci : media pembelajaran, interaktif, kontekstual

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i7.4568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia